Laman

Senin, 18 Juli 2011

Opini: Revolusi atau Pembersihan?


Bismillah.
Alhamdulillah, setelah cukup lama tidak menulis akhirnya saya memberanikan diri untuk kembali belajar berani menyampaikan opini. Ya, opini, sekali lagi saya tulis opini, karena tulisan ini hanya disampaikan dari sudut pandang saya sebagai penulis dan kurang didukung oleh fakta-fakta yang aktual.
Kali ini tulisan saya kembali mengenai sepakbola tepatnya PSSI. Pasca terpilihnya Djohar Arifin Husin sebagai Ketua Umum PSSI periode 2011-2015, saya melihat berita di salah satu televisi swasta yang mengabarkan tentang pemecatan pelatih kepala Tim Nasional, Alfred Riedl. Dalam forum-forum di internet, televisi ini cukup terkenal agak berlebihan dalam mengabarkan berita. Setelah melihat berita pemecatan tersebut dari televisi yang saya maksud akhirnya saya kurang lebih setuju dengan pendapat forum-forum di internet. Di berita tersebut, pemecatan Alfred Riedl disangkutpautkan dengan pembersihan kepengurusan PSSI dari masa dan massanya Nurdin Halid.
Terlepas dari benar atau salahnya sangkut paut berita tersebut, permasalahan sebenarnya adalah sama sekali tidak ada masalah dan tidak ada yang salah dengan kepengurusan yang baru. Itu kan kebijakan mereka, itu kan hak mereka. Biar waktu, sejarah, dan masyarakat pecinta sepakbola nasional yang menentukan tepat atau tidaknya kebijakan mereka. Kalaupun pembersihan kepengurusan dari sisa-sisa kejayaan Nurdin Halid atau yang biasa disebut media sebagai revolusi PSSI memang benar adanya, idealnya kritik tidak usah berlebihan. Cobalah untuk bersikap dewasa. Pemilihan setiap individu di kepengurusan PSSI toh sudah dipikirkan oleh Kepengurusan yang baru, ya walaupun entah dipikirkan secara matang atau setengah matang. Yang pasti pemilihan pengurus tersebut pastinya orang-orang yang bisa dan cocok untuk diajak kerja sama oleh kepengurusan baru. Bukannya itu suatu hal yang wajar? menurut saya sangat wajar. Masalah intervensi dari pihak luar bagaimana? Sekali lagi, kalaupun benar ada intervensi, idealnya kritik tidak berlebihan dan sebaiknya kita tunggu saja hasilnya. Setelah hasil dapat dilihat, baru layangkan kritik, saran, dan evaluasi.
Revolusi atau Pembersihan? wallahu a'lam. Saya lebih suka menunggu hasil karena saya belum terlibat dalam PSSI, apa yang bisa saya lakukan...? just wait and see.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar