Ternyata cukup sulit untuk menjaga konsistensi dalam mengisi artikel di blog, tapi alhamdulillah kali ini saya sudah punya hal yang cukup bermanfaat untuk dibagi. Artikel kali ini adalah mengenai electronic commerce atau yang bisa kita definisikan sebagai pemanfaatan teknologi informasi terutama internet untuk menjalankan suatu bisnis atau usaha. Berikut ini meruupakan beberapa pengertian yang disampaikan oleh para pakar mengenai electronic commerce dan telah dituliskan sebelumnya dalam buku elektronik yang berjudul "Kiat dan Strategi Bisnis di Dunia Maya" yang disusun oleh Prof. DR. Richardus Eko Indrajit.
Menurut Association for Electronic Commerce secara sederhana mendefinisikan E-Commerce sebagai “mekanisme bisnis secara elektronis”. Sedangkan CommerceNet, sebuah konsorsium industri, memberikan definisi yang lebih lengkap, yaitu “penggunaan jejaring komputer (komputer yang saling terhubung) sebagai sarana penciptaan relasi bisnis”. Hal sedikit berbeda disampaikan oleh Amir Hartman dalam bukunya “Net-Ready” (Hartman, 2000) secara lebih terperinci lagi mendefinisikan E-Commerce sebagai “suatu jenis dari mekanisme bisnis secara elektronis yang memfokuskan diri pada transaksi bisnis berbasis individu dengan menggunakan internet sebagai medium pertukaran barang atau jasa baik antara dua buah institusi (B-to-B) maupun antar institusi dan konsumen langsung (B-to-C)”. Beberapa kalangan akademisi pun sepakat mendefinisikan E-Commerce sebagai “salah satu cara memperbaiki kinerja dan mekanisme pertukaran barang, jasa, informasi, dan pengetahuan dengan memanfaatkan teknologi berbasis jaringan peralatan digital”.
Namun, dari beberapa pendapat tersebut, dapat disimpulkan bahwa E-Commerce memiliki
karakteristik sebagai berikut:
�� Terjadinya transaksi antara dua belah pihak;
�� Adanya pertukaran barang, jasa, atau informasi; dan
�� Internet merupakan medium utama dalam proses atau mekanisme perdagangan
tersebut, Dari karakteristik di atas terlihat jelas, bahwa pada dasarnya E-Commerce merupakan
dampak dari berkembangnya teknologi informasi dan telekomunikasi, sehingga secara
signifikan merubah cara manusia melakukan interaksi dengan lingkungannya, yang
dalam hal ini adalah terkait dengan mekanisme dagang.
Mungkin cukup sampai di sini dulu artikel yang singkat dan bersifat menyampaikan apa yang telah disampaikan oleh orang lain, namun saya harap dapat memberikan manfaat. Amin.
unduh berkas lengkap (Kiat dan Strategi Bisnis di Dunia Maya Jilid 1)
Menurut Association for Electronic Commerce secara sederhana mendefinisikan E-Commerce sebagai “mekanisme bisnis secara elektronis”. Sedangkan CommerceNet, sebuah konsorsium industri, memberikan definisi yang lebih lengkap, yaitu “penggunaan jejaring komputer (komputer yang saling terhubung) sebagai sarana penciptaan relasi bisnis”. Hal sedikit berbeda disampaikan oleh Amir Hartman dalam bukunya “Net-Ready” (Hartman, 2000) secara lebih terperinci lagi mendefinisikan E-Commerce sebagai “suatu jenis dari mekanisme bisnis secara elektronis yang memfokuskan diri pada transaksi bisnis berbasis individu dengan menggunakan internet sebagai medium pertukaran barang atau jasa baik antara dua buah institusi (B-to-B) maupun antar institusi dan konsumen langsung (B-to-C)”. Beberapa kalangan akademisi pun sepakat mendefinisikan E-Commerce sebagai “salah satu cara memperbaiki kinerja dan mekanisme pertukaran barang, jasa, informasi, dan pengetahuan dengan memanfaatkan teknologi berbasis jaringan peralatan digital”.
Namun, dari beberapa pendapat tersebut, dapat disimpulkan bahwa E-Commerce memiliki
karakteristik sebagai berikut:
�� Terjadinya transaksi antara dua belah pihak;
�� Adanya pertukaran barang, jasa, atau informasi; dan
�� Internet merupakan medium utama dalam proses atau mekanisme perdagangan
tersebut, Dari karakteristik di atas terlihat jelas, bahwa pada dasarnya E-Commerce merupakan
dampak dari berkembangnya teknologi informasi dan telekomunikasi, sehingga secara
signifikan merubah cara manusia melakukan interaksi dengan lingkungannya, yang
dalam hal ini adalah terkait dengan mekanisme dagang.
Mungkin cukup sampai di sini dulu artikel yang singkat dan bersifat menyampaikan apa yang telah disampaikan oleh orang lain, namun saya harap dapat memberikan manfaat. Amin.
unduh berkas lengkap (Kiat dan Strategi Bisnis di Dunia Maya Jilid 1)
maaf mau nanya.
BalasHapussekarang buku "E-Commerce: Kiat dan Strategi Bisnis Di Dunia Maya" sudah tidak ada terjual yah?? ko saya cari di situs gramedia g ada yah .apa udah tidak ada yah bukunya??
satu lagi ko saya mau download Kiat dan Strategi Bisnis di Dunia Maya Jilid 1, ko g bisa yah .. hehhehe
mohon informasinya yah tentang bukunya .terimakasih :)